Experience : Masa Transisi XII ke Dunia Sebenarnya

Ya, ketika pertama kali pada baca judulnya mungkin agak absurd. Sebelum masuk lebih jauh, mungkin gue bakal kasi tau maksud judul post ini. Post ini gue tujuin siswa/i kelas 12 yang bakal ninggalin masa putih abu-abu. Yang kemudian masuk ke dunia yang ruang lingkupnya gak cuma di sekolah, tapi dunia dimana lu mesti berusaha beradaptasi dengan masyarakat dengan personality yang beragam juga.

Gue terinspirasi dari pengalaman gue pas SMA. Gue belajar di salah satu sekolah Buddhist (swasta) di daerah Jakarta Barat. Ini sekolah termasuk baru soalnya angkatan gue itu angkatan kedua. Gue langsung masuk aja pas udah kelas 12. Gue yakin hampir semua anak kelas 12 galauin masa depan mereka.

“Gue kuliah apa kerja aja ya?” Galauan umum kelas 12.

“Gue kuliah dimana ya? Jurusan apa ya?” Galau yang mau kuliah.

“Gue kerja dimana ya? Di bagian mana ya? Bisa dapat fee berapa ya ?” Galau yang bakal kerja.

Kalau lu pada galau yang hampir sama dengan yang di atas berarti lu masuk ke sebagian besar anak kelas 12 yang gue maksud.

(Back) Angkatan gue ada 11 orang. Otomatis ga ada yang bakal dapat peringkat 20. (Ya, betul juga sih). Bisa kebayang dong mirip bimbel atau sekolah Internasional. Wkwk!

Gue juga yakin pas banyak Universitas swasta berlomba-lomba buka masa pendaftaran, disitu juga anak kelas 12 bergalau ria buat milih jurusan dan universitas. Dari 11 orang, yang udah fix mendaftar buat kuliah ada 9 orang, termasuk gue. Temen gue yang 2 itu ada yang mau masuk PTn dan yang satunya lagi masih bingung antara kerja atau kuliah (Sekarang, dia bakal ke Negeri Tirai Bambu buat nerusin studi. Keren abis.)

Masuk Semester Genap, mulai para guru nanya soal rencana perkuliahan. Teman gue sebagian yakin dengan pilihan yang diambil dan antusias ketika guru-guru buka sesi ngobrol buat rencana kuliah. Gue pas itu ga antusias buat ngomongin soal kuliah dan lebih milih nikmati sisa-sisa waktu di bangku pelajar. (Suatu saat lu bakal kangen masa SMA.). Kata-kata itu yang sering gue ucapin dalam hati.

Pas gue dan teman2 gue udah lulus dari masa putih abu-abu. Teman-teman gue udah mulai kesibukan masing – masing, entah itu kuliah atau kerja. Chat di group chat jadi makin sering. Kata kangen ga jarang gue lihat.Ketemuan aja susah pas 11 orang soalnya jadwal tiap orang berbeda.

Menurut gue, mungkin ga semuanya bakal kangen sama masa SMA. Tapi, kalau lu jadi gue, 1 angkatan 11 orang.

Lu masuk sekolah ya lihatnya 10 muka-muka itu. (Walaupun ada yang pindah dan masuk)

Lu jalanin 3 tahun sama 10 orang itu. Lu ngerti apa yang dirasain teman lu dari raut muka sama perilaku.

Lu tahu siapa teman lu yang kentut dari aromanya. Si anu takut sama anu. Kata-kata khas anu yang 1 kelas hafal. Temanan tanpa lihat gender, cowo bisa jadi cewe , cewe udah serasa jadi cowo. (Multifungsi).

Gue mau ngasih tau kalau lu bisa ngerasa kekeluargaannya yang luar biasa. Mungkin buat teman2 yang sekolahnya rame. Lu pada bikin kelompok2 kecil yang akrabnya sama itu-itu aja. Coba deh bandingin sama ketika lu kuliah atau kerja. Teman-teman kuliah lu ga bakal bisa seakrab pas SMA. Masih ada ngehalangi keakraban itu soalnya ketika lu masuk kelas belum tentu sama teman2 yang lu harapin. Begitu juga pas lu kerja, rekan kerja ya cuma sebatas jam kerja aja.

Bukan pas SMA lu bakal ngerasain apa yang lu lepasin sama yang lu dapatin. Pas kuliah atau kerja juga bukan. Tapi, pas Transisi dari SMA ke dunia sebenarnya. Lu bakal bandingin apa yang lu rasain di SMA sama pas terjun ke masyarakat. Makanya, banyak orang ngomong masa SMA itu paling indah.

Ya mungkin segitu panjang lebar cuap cuap gue. Gue mau sampaikan buat yang baca terutama anak SMA. Buat yang lagi persiapin buat masuk Perguruan Tinggi negeri favorit, luangin sedikit waktu lu pas lu istirahat belajar dari soal2 masuk PTn yang memusingkan buat ngumpul bareng teman-teman yang akrab sama lu. Buat yang nantinya kerja, sejenak hilangin rencana kerja lu ketika lu ngobrol sama teman lu. Dan ketika udah lulus dari bangku pelajar, tetap Keep in Touch with everybody.

ElevenisUS

ElevenisUS

Advertisements

One thought on “Experience : Masa Transisi XII ke Dunia Sebenarnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s